payclick

loading...

Mengenal Android Studio

Assalamu'allaikum Wr. Wb.

Aplikasi Android Studio merupakan sebagai tempat pembuatan aplikasi yang berbasis android, didalam aplikasi android studio ini terdapat dua skript yaitu script mxl dan script java. 
untuk tampilan interface dari Aplikasi android studio dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


  1. Bilah alat memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai jenis tindakan, termasuk menjalankan aplikasi dan meluncurkan alat Android.
  2. Bilah navigasi membantu Anda bernavigasi di antara proyek dan membuka file untuk diedit. Bilah ini memberikan tampilan struktur yang terlihat lebih ringkas dalam jendela Project.
  3. Jendela editor adalah tempat Anda membuat dan memodifikasi kode. Bergantung pada jenis file saat ini, editor dapat berubah. Misalnya, ketika melihat file tata letak, editor menampilkan Layout Editor.
  4. Bilah jendela alat muncul di luar jendela IDE dan berisi tombol yang memungkinkan Anda meluaskan atau menciutkan jendela alat individual.
  5. Jendela alat memberi Anda akses ke tugas tertentu seperti pengelolaan proyek, penelusuran, kontrol versi, dan banyak lagi. Anda bisa meluaskan dan juga menciutkannya.
  6. Bilah status menampilkan status proyek Anda dan IDE itu sendiri, serta setiap peringatan atau pesan.


untuk interface struktur project android studio dapat dilihat dibawah ini:

  1. manifests
    Pada forder ini terdapat file yang bernama AndroidManifest.xml file tersebut sangat penting sekali untuk melakukan konfigurasi dalam pembuatan aplikasi android, di sini lah dimana didefinisikan nama aplikasi, icon aplikasi, semua activity yang ada dalam aplikasi serta permission untuk mengakses hardware maupun resource lainnya.
  2. java
    Pada folder ini terdapat dua folder lagi dengan nama com.packge.aplikasi dan satu lagi com.packge.aplikasi (androidTest) biasanya kita sering bekerja menggunakan folder yang com.packge.aplikasi pada folder ini lah tempat tersimpannya activity atau class yang dibuat, berisi source code java dari aplikasi android. dan ini juga salah satu tempat kerja utama dalam pembuatan aplikasi android.
  3. res
    Pada folder ini terdapat empat folder lagi dengan masing masing nama drawable, layout, mipmap, dan values. Directory resource pada project android, dimana berisi semua resource yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi android seperti icon, layout, menu, warna, ukuran, string, dimensi, tema, dan lainya. ini juga salah satu tempat kerja yang paling sering dikunjungi ketika pembuatan aplikasi android, bahkan bisa jadi sebagian besar waktu pembuatan dipakai disini.
  4. gradle scripts
    Build tools yang digunakan pada Android Studio, untuk mencompile-menjalankan project Aplikasi yang sedang kalian kembangkan, berdasarkan settingan atau konfigurasi yang berada di bagian Gradle Script.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.........! amien

 

0 Response to "Mengenal Android Studio"