DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
1. PENDAHULUAN
1.1. Tujuan
1.2. Ruang Lingkup
1.3. Definisi
1.4. Referensi
1.5. Sistematika
2. DESKRIPSI UMUM
2.1. Perspektif
2.2. Kegunaan
2.3. Karakteristik Pengguna
2.4. Batasan-Batasan
2.5. Asumsi dan Ketergantungan
3.SPESIFIKASI KEBUTUHAN
3.1 Kebutuhan Fungsional
3.1.1 Pendahuluan
3.1.2 Input
3.1.3 Proses
3.1.4 Output
3.2 Kebutuhan Antarmuka Eksternal
3.2.1. Kebutuhan Antarmuka Pengguna
3.2.2. Kebutuhan Antarmuka Perangkat Keras
3.2.3. Kebutuhan Antarmuka Perangkat Lunak
3.2.4. Kebutuhan Antarmuka Komunikasi
3.3 Kebutuhan Performansi
3.4 Kendala Disain
3.4.2 Perangkat Keras
3.5 Atribut
3.5.1. Keamanan Sistem
3.5.2. Pemeliharaan
3.6. Kebutuhan Lain
3.6.1 Database
3.6.2 Pengoperasian
3.6.3 Penyesuaian Tempat
1. PENDAHULUAN
1.1. Tujuan
Tujuan dari pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan ini yaitu
· Dapat mempermudah proses pencarian dan peminjaman buku.
· Memudahkan dalam mengakses Informasi persediaan buku yang diterima pengunjung perpustakaan lebih cepat dan efektif.
· Dapat melakukan registrasi secara online.
· Mengelola data anggota perpustakaan, dan informasi yang berhubungan dengan perpustakaan.
1.2. Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam pengembangan sistem ini menggunakan Perangkat lunak berupa sistem database perpustakaan yang diberi nama Sistem Informasi Perpustakaan. Perangkat lunak ini digunakan
untuk penginputan data dan penyimpanan data yang di harapkan data akan
tersimpan lebih sistematis. Sistem ini mulai dirasa perlu demi mempermudah pengunjung mencari dokumen atau data yang dicari dengan mudah.
1.3. Definisi
Definisi - definisi dari istilah yang digunakan dalam dokumen ini diantaranya:
User : Pengguna dari perangkat lunak
Database : Basis data, tempat penyimpanan data –data yang berhubungan dengan Perangkat Lunak
Actor : Sesuatu yang berhubungan langsung dengan system
Password : Kata kunci rahasia untuk bisa mengakses sistem.
Interface : Tampilan antarmuka
S/W : Software
1.4. Referensi
· Praktikum Analisis dan Desain Sistem Informasi, 2009
· Sistem Informasi Sekolah Terpadu, 2009
· http://yaniwid.wordpress.com/2008/10/16/kebutuhan-fungsional-vs-non-fungsional/
. UNSRI
. UNSRI
1.5. Sistematika
Dokumen SRS ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu :
1. Pendahuluan yang berisi
penjelasan tentang tujuan pembuatan perangkat lunak, lingkup masalah
yang dipengaruhi oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi,
referensi dan sistematika.
2. Deskripsi Umum yang berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan, meliputi perspektif deskripsi umum sistem,karakteristik penggauna, batasan-batasan dan asumsi penggunaan.
3. Spesifikasi kebutuhan yang berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.
2. DESKRIPSI UMUM
2.1. Perspektif
Dalam membantu petugas Perpustakaan dan pengunjung dalam melakukan kegiatan di lingkungan Perpustakaan dibuatlah perangkat lunak yang bersifat user friendly artinya petugas dapat menggunakannya dengan mudah.
Perangkat lunak ini menangani kegatan - kegiatan antara lain pendataan anggota Perpustakaan, pendataan pengunjung Perpustakaan, pendataan buku yang ada di Perpustakaan, sirkulasi buku dan pembuatan laporan untuk pihak eksekutif.
2.2. Kegunaan
Perangkat
lunak ini memiliki kegunaan yang nantinya dapat membantu petugas dalam
melaksanakan kegiatan operasionalnya. Selain bagi petugas Perpustakaan,
kegunaan perangkat lunak juga dapat dirasakan oleh pengguna layanan
Perpustakaan. Dengan adanya perangkat lunak ini, mereka bisa mendapatkan
data-data buku secara lebih mudah dan akurat.
Kegiatan
yang di lakukan perangkat lunak tersebut meliputi pendataan anggota,
pengelolaan buku pengunjung, pengelolaan data buku (katalog buku),
pengelolaan data sirkulasi buku (peminjaman dan pengembalian buku)
serta mempermudah pencarian buku. Keberadaan perangkat lunak ini,
membuat petugas dapat melaksanakan kegiatan operasional Perpustakaan
secara efisien, serta mengurangi kesalahan dalam pencatatan data.
2.3. Karakteristik Pengguna
Karakterisitk
pengguna dari perangkat lunak ini adalah semua yang ingin menggunkan
jasa perpustakaan misalnya mahasiswa, dosen, karyawan, pimpinan, dan
masyarakat umum yang membedakan adalah pengguna yang berinteraksi dengan
sistem dihubungkan dengan hak akses dan level autentifikasi sesuai
dengan kebutuhan dan aturan yang terdapat pada Perpustakaan
2.4. Batasan-Batasan
1. Perangkat lunak hanya dijalankan di Windows (XP,vista, 7,server 2008 dll).
2. Waktu pengembangan perangkat lunak yang singkat membuat adanya kemungkinan tidak semua fungsi yang ada dapat dilaksanakan.
3. Pengembangan perangkat lunak tidak akan merubah file-file ataupun database yang ada pada saat ini tanpa adanya izin dari pimpinan Perpustakaan.
4. Pengembangan perangkat lunak ini akan mengotomatisasi pengelolaan data-data yang ada di Perpustakaan, yang meliputi data anggota, data pengunjung, katalog buku, data sirkulasi buku dan laporan untuk pimpinan Perpustakaan.
2.5. Asumsi dan Ketergantungan
1. Semua Peminjam buku di Perpustakaan adalah anggota Perpustakaan.
2. Peminjaman
Buku Oleh Setiap Anggota Maksimal 5 Buku tidak lebih. Apabla buku telah
dikembalikan, maka peminjam dapat meminjam kembali, apabila belum
dikembalikan maka peminjam harus mengembalikan buku yang dipinjam
sebelumnya untuk dapat meminjam buku yang lainnya.
3. Peminjaman Buku yang lebih dari 7 Hari dikenakan Denda Sebesar Rp 1000 per-buku per- hari.
3.SPESIFIKASI KEBUTUHAN
3.1 Kebutuhan Fungsional
3.1.1 Pendahuluan
Kebutuhan Fungsional adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar suatu
sistem dapat berjalan atau dapat dikatakan kebutuhan tambahan yang
memiliki input, proses, dan output. Kebutuhan fungsional yang harus ada
dalam sistem yang akan dikembangkan ini adalah sebagai berikut:
- Sistem harus dapat menyediakan informasi persediaan buku bagi pengunjung perpustakaan secara lebih detail, cepat dan efektif.
- Sistem harus dapat mempermudah pengunjung maupun peminjam dalam proses pencarian buku.
- Sistem harus dapat mempermudah pengunjung maupun peminjam dalam proses peminjaman buku.
- Sistem harus dapat meminimalisir terjadinya kecurangan dalam peminjaman buku.
Aktor yang ada dalam dalam lingkup sistem adalah
- Pengunjung ( Anggota & Non Anggota )
Yang dilakukan adalah :
- Mengisi buku pengunjung
- Melakukan pencarian buku dengan katalog
- Melakukan registrasi anggota ( non anggota )
- Petugas
- Login
- Melakukan pencarian buku dengan katalog
- Memproses data anggota
- Memproses data buku
- Menangani peminjaman buku
- Menangani pengembalian buku
- Menampilkan laporan peminjaman dan pengembalian
3.1.2 Input
· Input / Masukan Pada Proses Mengisi Buku Pengunjung
Field NIA : untuk entry NIA
Field Nama : untuk entry Nama
Keterangan : untuk entry Keterangan
Tombol Simpan : untuk menyimpan data pengunjung
· Input / Masukan Pada Proses Pencarian Buku Dari Katalog
Field Cari : untuk entry pencarian
Field Berdasarkan : untuk mencari berdasar judul, pengarang ,penerbit
Tombol Cari : untuk mencari buku
· Input / Masukan Pada Proses Login
Field User Name : untuk memilih golongan
Field Password : untuk entry password
Tombol Login : untuk login
· Input / Masukan Pada Proses Registrasi Anggota
Input / Masukan terdiri dari :
Field NIA : untuk entry NIA
Field Nama : untuk entry Nama
Field Jenis Kelamin : untuk memilih jenis kelamin
Field Alamat : untuk entry Alamat
Field Telepon : untuk entry Telepon
Field Status : Untuk memilih status pendaftar
Tombol Simpan : untuk menyimpan Data anggota
· Input / Masukan Pada Memproses Data Anggota
Field Cari : untuk entry pencarian
Field Berdasarkan : untuk mencari anggota berdasarkan golongannya
Tombol Cari : untuk mencari buku
· Input / Masukan Pada Proses Data Buku
Field ID_buku : untuk entry ISBN
Field jenis Buku : untuk entry jenis buku
Field judul : untuk entry judul buku
Field pengarang : untuk entry pengarang
Field penerbit : untuk entry penerbit
Field tahun terbit : untuk entry tahun terbit
Field jumlah stok : untuk entry jumlah stok seluruh buku yang ada
Field jumlah tersedia: untuk entry jumlah yang tersedia di rak saat ini.
· Input / Masukan Pada Proses Laporan Persediaan Buku
Field Cari : untuk entry pencarian
Field Berdasarkan :untuk mencari buku berdasarkan judul, pengarang dan penerbit.
Tombol Cari : untuk mencari buku
· Input / Masukan Pada Proses Peminjaman Buku
Field NIA :untuk entry NIA
Field Nama :untuk entry Nama
Field ID Buku 1 :untuk menampilkan ID buku yang akan dipinjam
Field ID Buku 2 :untuk menampilkan ID buku yang akan dipinjam
Field ID Buku 3 :untuk menampilkan ID buku yang akan dipinjam
Field ID Buku 4 :untuk menampilkan ID buku yang akan dipinjam
Field ID Buku 5 :untuk menampilkan ID buku yang akan dipinjam
Field Tanggal Pinjam : untuk menampilkan tanggal peminjaman yang
merupakan tanggal dimana form peminjaman dibuka (tanggal hari ini) bersifat otomatis.
Tombol Simpan : untuk menyimpan data peminjaman buku
· Input / Masukan Pada Proses Pengembalian Buku
Field NIA : untuk entry NIA
Field Nama : untuk entry Nama
Field ID Buku 1 : untuk entry Judul Buku 1
Field ID Buku 2 : untuk entry Judul Buku 2
Field ID Buku 3 : untuk entry Judul Buku 3
Field ID Buku 4 : untuk entry Judul Buku 4
Field ID Buku 5 : untuk entry Judul Buku 5
Field Tanggal Kembali : Otomatis tanggal hari pengembalian
Tombol Simpan : menyimpan data pengembalian buku
· Input / Masukan Pada Proses Laporan Peminjaman
Field Cari : untuk entry pencarian
Field Berdasarkan : untuk mencari laporan peminjaman berdasarkan bulan atau tahun
Tombol Cari : untuk mencari laporan
· Input / Masukan Pada Proses Laporan Pengembalian
Field Cari : untuk entry pencarian
Field Berdasarkan : untuk mencari laporan pengembalian berdasarkan bulan atau tahun
Tombol Cari : untuk mencari laporan
3.1.3 Proses
Tampilan
muka web Sistem Informasi Perpustakaan terdapat form pengisian buku
pengunjung. Pengisian dilakukan sesuai tata cara yang disediakan
.Pengunjung akan menginputkan data pengunjung dan data akan tersimpan
kedalam database pengunjung. Dan secara otomatis pengunjung masuk ke
halaman Utama (Home) dan dapat mengakses Sistem Informasi Perpustakaan
(registrasi anggota atau pencarian katalog).
Pada
menu pencarian buku, Peminjam akan membuka menu katalog. Sistem akan
menampilkan katalog buku dan peminjam dapat melihat isi katalog dan
memulai pencarian buku dengan memasukkan beberapa data dari buku yang
ingin dicari. Sistem akan membaca masukkan dari peminjam dan kemudian
memproses pencarian. Jika pencarian ditemukan, sistem akan menampilkan
data buku yang dicari atau data buku yang mendekati.
Dalam halaman utama terdapat form login. Agar pegawai dan Pimpinan
dapat masuk ke halaman admin, maka Pegawai dan pimpinan diwajibkan
mengisi form login yang terdiri dari username dan password. Kemudian
Sistem akan memeriksa atau mengautentifikasi username dan pasword
pegawai didalam database. Sitem akan membuka halaman utama admin.
Menu Registrasi Anggota berfungsi untuk mendaftarkan anggota yang belum
terdaftar agar dapat menjadi anggota perpustakaan. Dalam halaman ini
pengunjung memasukkan data diri sesuai dengan form yang diminta. Setelah
data anggota diinputkan data akan disimpan kedalam database.
Menu data anggota akan memproses data anggota yang telah terdaftar
sebagai anggota. Petugas dapat mengubah (edit) atau menghapus data
Anggota yang sudah terdaftar.
Menu data buku akan memproses data buku yang belum disimpan dalam
database. Petugas akan memilih menu data buku, dan halaman data buku
akan terbuka. Pada halaman ini petugas akan memasukkan data buku
baru. Setelah data-data buku diiputkan data akan disimpan kedalam
database buku.
Menu laporan persedian buku ini memproses laporan persediaan buku yang
tersedia dimana laporan ini dibutuhkan oleh pemimpin . Pemimpin akan
memilih menu ini untuk menampilkan laporan persediaan buku. Sistem akan
menampilkan laporan persedian buku.
Petugas memilih menu peminjaman buku dan sistem akan membuka halaman
tersebut. Id Pada form ini petugas akan memasukkan data peminjam dan
data buku yang dihendak dipinjam. Setelah data diinputkan maka data buku
akan di tersimpan, status buku ‘tidak tersedia’ bagi buku yang
jumlahnya hanya 1, dan persediaan buku berkurang apabila jumlahnya
lebih dari satu pada katalog pencarian buku.
Petugas membuka menu pengembalian dan halaman pengembalian terbuka.
Pada proses pengembalian ini petugas memasukkan Id peminjaman, maka
daftar buku yang dipinjam oleh anggota akan ditampilkan oleh sistem.
Petugas menyimpan data pengembalian, data tersimpan, status buku berubah
menjadi ‘tersedia’ bagi buku yang jumlahnya 1, serta jumlah buku di
katalog pencarian bertambah untuk buku yang jumlahnya lebih dari satu.
Proses laporan pengembalian dan peminjaman buku ini dibutuhkan oleh
pemimpin. Pemimpin akan memilih menu untuk menampilkan laporan
pengembalian dan peminjaman buku. Sistem akan menampilkan laporan
pengembalian dan peminjaman.
3.1.4 Output
Pada
Sistem Informasi Perpustakaan ini, output yang dihasilkan oleh input
yang dimasukkan Oleh User pada proses “Mengisi Buku Pengunjung” adalah
masuknya pengunjung ke halaman utama Web Sistem Informasi Perpustakaan
ini.
Pada proses “Login” output yang dihasilkan yaitu berupa Autentifikasi
sehingga user dapat masuk ke halaman utama Admin dan mengakses seluruh
informasi yang ada di halaman Admin.
Pada Proses “Melakukan Pencarian Buku Dari Katalog”, output yang
dihasilkan adalah berupa data / Informasi yang ingin dicari oleh User
atau data/ informasi yang mendekati sesuai dengan jenis pencarian yang
dipilih oleh user dalam bentuk tabel.
“Memproses Data Anggota” menghasilkan output berupa data anggota dari
database anggota dalam bentuk tabel dengan menu edit dan delete yang
tersedia sehingga petugas dapan memanipulasi data tersebut.
“Memproses
Data Buku” menghasilkan output berupa data buku dari database yang
dapat dimanipulasi kembali seperti update dan delete.
Proses “Menampilkan Laporan Persediaan Buku”, output yang dihasilkan
yaitu berupa laporan persediaan buku secara harian, bulanan atau tahunan
sesuai dengan nama periode yang ditentukan (bulan atau tahun).
Proses
“Menangani Peminjaman Buku” mengasilkan Output berupa informasi buku
apa saja yang dipinjam, tanggal pinjam buku, dan kapan anggota harus
mengembalikan buku yang dipinjamnya (Waktu pengembalian).
Proses “Menangani Pengembalian Buku” memiliki output yaitu informasi
pengembalian buku yang terhubung dengan data peminjaman. Keluarannya
juga berupa denda apabila anggota mengembalikan buku yang dipinjamnya
melebihi waktu yang telah ditentukan oleh Perpustakaan, yaitu selama 7
hari dari waktu peminjaman (1 minggu).
Proses “Menampilkan Laporan Peminjaman dan Pengembalian” menghasilkan
output berupa laporan peminjaman dan Laporan pengembalian buku di
Perpustakaan sesuai dengan periode yang di inputkan (bulan atau tahun).
3.2 Kebutuhan Antarmuka Eksternal
3.2.1. Kebutuhan Antarmuka Pengguna
Perangkat lunak untuk Perpustakaan ini dibuat dengan menggunakan Aplikasi web, untuk pengolahan User Interface digunakan aplikasi Dream Weaver. Dimana tampilan web didesain menggunakan template yang ada. Perangkat lunak untuk layanan dalam perpustakaan ini dilengkapi dengan menu untuk pengaksesan berbagai fungsi yang disediakan. Interaksi antara pengguna dan perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan keyboard dan mouse. Ada beberapa fungsi yang hanya bisa dilakukan dengan mouse dan ada yang bisa dilakukan baik dengan keyboard dan mouse (misalnya pengaksesan menu).
3.2.2. Kebutuhan Antarmuka Perangkat Keras
perangkat keras yang dapat digunakan dalam perangkat lunak yang dibuat adalah:
1. PC
2. Monitor VGA mempunyai resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
3. Keyboard dan mouse untuk melakukan kegiatan user.
4. internet broadband.
5. Semua perangkat keras yang digunakan merupakan perangkat standar dalam sistem komputer serta untuk koneksi internet.
3.2.3. Kebutuhan Antarmuka Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk perpustakaan antara lain:
1. Sistem Operasi Windows (XP,Vista,7,Server 2008), Linux, dll
2. untuk pengolahan database : SQL Server 2008
3. untuk koneksi Database digunakan ADOdB
3.2.4. Kebutuhan Antarmuka Komunikasi
Proses komunikasi dalam sistem ini menggunakan jaringan lokal, dimana dikontrol oleh komputer server.
3.3 Kebutuhan Performansi
ntuk meningkatkan kinerja sistem ini dibutuhkan kriteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak. Sistem
ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit dalam menyelesaikan
setiap tahapan proses. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin
besar troughput yang dapat dihasilkan. Meningkatnya kecepatan ini
diharapkan dapat terjadi di setiap tahapan proses ataupun pekerjaan yang
besarnya ini bergantung pada jenis prosesnya. Selain itu sistem diharapkan dapat mengurangi kecurangan oleh user dalam meminjam buku.
3.4 Kendala Disain
Dalam pembuatan sistem ini, terdapat kendala-kendala atau hambatan yang menyangkut standar pemenuhan perangkat keras.
3.4.1 Standard Compliance (standar pemenuhan)
· pemilik sistem dapat merubah file-file ataupun database yang ada.
· User dapat meminjam dan melihat katalog buku melalui jalur otomatisasi.
3.4.2 Perangkat Keras
Berikut adalah standar teknologi informasi yang harus dipenuhi oleh sistem :
1. Sistem operasi Microsoft Windows XP yang berlisensi asli.
2. basis data sebagai media penyimpanannya Basis data yang digunakan adalah SQL Server 2008 dan dikoneksikan dengan Adodb.
3. Sistem
akan dibangun sebagai desktop application. Aplikasi ini akan dibangun
dengan menggunakan Sintaks HTML dengan menggunakan software Macromedia
Dreamweave dan PC dengan harddisk minimal 40GB dan RAM 512 MB,
kemungkinan untuk spesifikasi ini tidak tersedia di wilayah ini jadi
harus memesan ke pusat.
4. Monitor VGA yang dapat menampilkan resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
5. Keyboard dan mouse untuk melakukan kegiatan user
3.5 Atribut
3.5.1. Keamanan Sistem
Untuk memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yang merusak. Kebutuhan yang spesifik termasuk hal-hal berikut:
1. Adanya back up data sehingga data lebih reliable
2. Penyimpanan data log/history
3. Pemberian suatu fungsi ke modul-modul yang berbeda
4. Pembatasan komunikasi terhadap suatu area tertentu dalam program
5. Pemeriksaan integritas data untuk peubah-peubah kritis
3.5.2. Pemeliharaan
Adanya
pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap
program yang berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak
itu sendiri ataupun hardware yang digunakan. Untuk pemeliharaan tiap
harinya, sistem ini dilengkapi antivirus sehingga meminimalkan kerusakan
pada sistem serta terdapat back up data untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang tidak diinginkan.
3.6. Kebutuhan Lain
3.6.1 Database
Database yang terdapat dalam sistem informasi perpustakaan ini terdiri dari:
1. Jumlah buku yang terdapat pada perpustakaan
2. Informasi detail dari setiap buku yang ada (nama pengarang, penerbit, dll)
3. Jumlah dan data member perpustakaan
4. Waktu aktif sistem
5. Status buku (sedang dipinjam atau tidak)
6. Sistem penghitungan denda pada pengembalian buku yang terlambat
3.6.2 Pengoperasian
Perangkat lunak dapat dijalankan di PC atau Laptop manapun yang terhubung dengan internet.
3.6.3 Penyesuaian Tempat
Penggunaan
database SQL-Server 2008 untuk menyimpan data-data baik data anggota.
Data peminjaman, data pengembalian, dan persediaan semuanya diletakkan
pada hardware masing-masing setiap bagian petugas.
0 Response to "SRS SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN"
Post a Comment